Saturday 14 September 2013

CARA MENJAGA KESEHATAN GIGI DAN MULUT

CARA MENJAGA KESEHATAN GIGI DAN MULUT | Mulut adalah salah satu bagian penting pada tubuh yang memiliki peran yang sangat vital, terutama untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain . Apa jadinya kalau mulut anda berbau tidak sedap apalagi dalam keadaan puasa ??? Tentu saja mengganggu lawan bicara anda saat sedang berbicara . Agar mulut selalu menggeluarkan aroma segar dan tidak bau , menjaga kesehatan mulut dan gigi tidak hanya setiap hari namun setiap saat adalah hal wajib yang harus anda lakukan .


Sebenarnya , menjaga / memelihara kesehatan gigi dan mulut harusnya dilakukan sejak dini / kecil , Kenapa ?? Karena perawatannya masih sangat mudah dan masih dapat tumbuh kembali jika ada kerusakan . Berbeda jika anda sudah tumbuh dewasa , gigi sudah tidak bisa tumbuh lagi , maka jika ada kerusakan pada gigi anda karena kurangnya perawatan , inilah yang menyebabkan mulut menjadi berbau tidak sedap , Jika sudah seperti ini , jalan terakhir yang harus anda lakukan adalah melakukan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut secara rutin agar tidak semakin parah .

Berikut Ini Adalah Tips Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Khusus Untuk Anda :

  • Jangan Takut Jika ke Dokter Gigi
Beberapa orang merasa ngeri bila harus kedokter gigi . Membayangkan peralatan di ruangan dokter gigi itu menyeramkan . Jika merasa cemas berada diruang dokter gigi , cobalah untuk membawa pemutar musik bisa MP3 , ataupun Handphone anda dengan daftar lagu kesayangan anda . Kemudian , coba untuk bernafas secara teratur , Jangan malahan menahan nafas . Dengan begitu , peredaran darah akan lancar sehingga mambantu untuk mengurangi ketegangan , tips ini juga bisa digunakan ketika anda merasakan ketegangan baik ketika menghadapi ujian atau apapun itu . Kembali ke persoalan !! Dan jangan malu menggungkapkan soal ketegangan anda kepada dokter . Dengan begitu , dokter tersebut akan membantu anda merasa nyaman .


  • Jangan Menggunakan Tusuk Gigi
Anda jangan sekali - kali menggunakan tusuk gigi ketika mau membersihkan sela - sela gigi , Karena menggunakan tusuk gigi akan melukai gusi dan membuatnya BENGKAK bahkan sampai terkena Infeksi . Jadi saya sarankan untuk tidak menggunakan Tusuk Gigi ya sobat ??



  • Berflossing Sebelum Menyikat Gigi

Apakah Flossing itu ?? Flossing adalah cara membersihkan sela gigi dengan menggunakan benang . Flossing akan menggeluarkan sisa makanan yang terjebak di sela - sela gigi sehingga membantu penyikatan gigi menjadi lebih efektif . Dan jika anda inggin menyikat gigi pastikan menyikat dengan kira - kira sudut 45 derajat pada garis gusi dengan gerakan perlahan / lembut .


  • Ganti Secara Rutin Sikat Gigi Anda 
Agar gigi lebih sehat , gantilah sikat gigi anda secara rutin setiap tiga atau empat bulan sekali . Untuk sikat gigi elektrik , anda bisa menggantinya sesuai dengan petunjuk / panduan di buku petunjuk . Kenapa kita harus mengganti sikat gigi ?? Karena dengan pergantian sikat gigi secara rutin / teratur akan membantu anda menghindari kuman yang mungkin menempel di bulu sikat .
  • Konsumsi-lah Keju
Protein yang terkandung dalam keju sangat baik untuk mencegah pengikisan email gigi . Ditambah lagi , keju sangat kaya dengan kalsium yang juga membuat gigi lebih kuat . Juga jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin D yang membantu penyerapan kalsium . Vitamin D bisa kita dapatkan dalam susu , telur , dan juga ikan .
  • Hentikan Noda Dengan Baking Soda 
Jika anda sangat gemar / suka mengonsumsi kopi , teh atau makanan dan minuman lain yang akan meninggalkan plak di gigi . Cobalah untuk bersihkan gigi dengan baking soda dua kali dalam sebulan . Gunakan baking soda seperti halnya anda menggunakan pasta gigi . Jika penggunaan baking soda membuat anda iritasi , cobalah pasta gigi yang menggandung baking soda . 
  • Perhatikan Makanan 
Beberapa makanan dituduh dapat meninggalkan noda di gigi . Beberapa makanan lain juga diklaim dapat mencerahkan gigi , misalnya stroberi . Ada spekulasi bahwa stroberi memiliki khasiat untuk memutihkan gigi secara alami . Karena itu , cocok untuk membantu memutihkan / membersihkan gigi kita sehabis mengonsusi kopi , teh maupun merokok . Untuk lebih membantu meminimalisir plak , cobalah memakan buah apel , pir , wortel , atau seledri . Makanan / Buah yang saya sebutkan tadi akan memperbanyak produksi air liur yang baik bagi kesehatan gigi . 
  • Atur Kadar Keasaman  
Kadar keasaman akan mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut anda . Makanan yang dapat mempengaruhi kadar keasaman diantaranya adalah cokelat , alkohol , soda , kopi , teh , bawang merah , bawang putih , produk susu , tomat , jeruk , mint , serta makanan yang berlemak dan pedas .
  • Jaga-lah Kesehatan Lidah 
Agar nafas tetap terjaga / tidak berbau , sikatlah pula lidah anda setiap kali anda meyikat gigi . Lidah merupakan salah satu tempat berkembangbiaknya bakteri yang menyebabkan nafas tidak segar . Untuk membersihkan lidah , gunakan-lah scrub atau penggosok lidah setiap harinya . 
  • Obat Membuat Mulut Kering 
Mulut sangat membutuhkaan air liur agar tetap sehat . Namun , beberapa obat - obatan seperti antihistamin dapat mengeringkan air liur . Untuk membantu menjaga kelembapan gigi tingkatkan asupan cairan dalam tubuh atau kunyahlah permen karet sehabis makan . Jika permen karet tadi tidak membantu , konsultasikan ke dokter mengenai penggunaan produk air liur buatan .


Jika anda mau gigi anda rusak parah , sebaiknya jagalah kesehatan mulut dan gigi anda dari sekarang . Ya , walaupun sudah sedikit agak terlambat , namun jika ada niat dan kemauan , setidaknya bisa mengurangi kerusakan pada gigi anda . Walaupun gigi dan mulut sering kita anggap sepele mungkin ?? , namun jika gigi kita rusak maka kita akan canggung jika diajak atau mengajak bicara orang lain , bukan ?? 

Yang terpenting dari saya , jika anda merasa tulisan / postingan ini bermanfaat , silahkan berkomentar dan bagikan melalui tombol share dibawah ini . Terima kasih sudah membaca artikel yang berjudul CARA MENJAGA KESEHATAN GIGI DAN MULUT ini ,
semoga bermanfaat..